Logo merupakan sebuah simbol yang menunjukkan citra, visi, dan misi dari pemilik
logo tersebut. Apabila
logo tersebut adalah milik sebuah perusahaan,
logo tersebut akan merefleksikan jati diri perusahaan tersebut.
Logo juga merupakan identitas suatu perusahaan yang menggambarkan tujuan-tujuan, prinsip-prinsip, serta
ideologi yang dimiliki oleh perusahaan tersebut.
Logo
suatu perusahaan bisa saja berubah seiring dengan perubahan diri dari
perusahaan itu sendiri. Dalam perkembangan PT. Pos Indonesia (Persero),
logo
yang mewakili diri Pos Indonesia pun berubah mengikuti perubahan yang
terjadi di dalam tubuh PT. Pos Indonesia (Persero) itu sendiri.
Perubahan
logo yang mencerminkan hal-hal yang baru dan berubah dari tubuh PT. Pos Indonesia (Persero) ini dapat kita telaah dan kita analisa.
Logo lama Pos Indonesia ini terdiri dari
banner
di atas yang bertuliskan ‘RI’ yang kemudian tersambung dengan gambar
padi dan kapas yang memberntuk sebuah lingkaran yang kemudian berujung
kepada
banner di bawah yang bertuliskan ‘POS & GIRO’. Di dalam lingkaran yang terbentuk dari kedua
banner
dengan padi dan kapas tersebut, kita mendapati sebuah segilima yang di
dalamnya terdapat gambar burung merpati yang seolah-olah sedang terbang
mengelilingi dunia. Di sisi luar dari segilima tersebut dan di sisi
dalam dari lingkaran, kita mendapati arsiran mendatar yang berfungsi
sebagai latar belakang atau
background. Ide utama dari
logo lama ini adalah burung
merpati pos
yang telah lama menjadi simbol dunia perposan. Bola dunia yang berada
di belakang merpati tersebut melambangkan perputaran dunia, kekekalan,
dan adanya hubungan yang terjalin antarnegara (hubungan yang bersifat
internasional). Bentuk segilima yang mengelilingi merpati pos tersebut
melambangkan
Pancasila,
ideologi Negara Kesatuan Republik
Indonesia, yang memiliki lima sila. Unsur padi dan kapas yang menjadi simbol dari sila kelima dari
Pancasila mewakili tujuan Badan Usaha Milik Negara (
BUMN) untuk mencapai keadilan dan kesejahteraan sosial untuk seluruh masyarakat Indonesia.
Banner
yang bertuliskan ‘RI’ dan ‘POS & GIRO’ menunjukkan identitas
pemilik logo, yaitu Perum Pos dan Giro Republik Indonesia. Secara
semantik,
logo ini menunjukkan profesionalitas
pos yang diwakili oleh merpati dan bola dunia namun terkurung oleh segilima yang mewakili
Pancasila dan juga oleh lingkaran padi dan kapas yang menggambarkan tujuan
BUMN.
Hal ini menunjukkan bahwa Pos Indonesia bekerja secara profesional di
dalam memberikan pelayanan berskala internasional untuk
pelanggan-pelanggannya dengan tetap memegang teguh
nasionalisme dan tujuan
BUMN untuk menjunjung keadilan dan kesejahteraan sosial masyarakat
Indonesia.
Logo ini juga melambangkan keteguhan dalam memegang
ideologi negara dengan adanya dua simbol yang mewakili
Pancasila.
Setelah perubahan kelembagaan yang terjadi di dalam tubuh Pos Indonesia
(perubahan bentuk usaha dari perusahaan umum menjadi persero),
logo Pos Indonesia pun ikut berubah. Di dalam
logo baru Pos Indonesia, kita mendapati seekor
merpati pos yang seolah-olah sedang terbang mengelilingi dunia dengan kecepatan tinggi.
Merpati pos
ini tidak lagi terkurung oleh segilima dan juga lingkaran padi dan
kapas. Ukuran merpati yang lebih besar daripada bola dunia melambangkan
bahwa Pos Indonesia diharapkan bisa menguasai (memimpin) usaha perposan
di dunia internasional. Warna dasar jingga yang terdapat di gambar
merpati dan bola dunia menunjukkan bahwa Pos Indonesia itu penting
(warna jingga memiliki arti penting serta perlu diperhatikan, seperti
yang terdapat di pembatas-pembatas jalan, pakaian pendaki gunung,
seragam para penerbang, dan lain sebagainya). Tulisan ‘POS INDONESIA’
dengan tipografi
bold ini memberikan ketegasan identitas
perusahaan dan juga identitas negara. Tulisan ini berada di bawah gambar
merpati yang sedang mengelilingi dunia dengan kecepatan tinggi karena
logo
ini ingin menunjukkan bahwa Pos Indonesia lebih mengutamakan
profesionalitas dalam pelayanan untuk pelanggan-pelanggannya. Slogan Pos
Indonesia ‘Untuk Anda kami ada’ yang ditulis dengan huruf latin (tegak
bersambung) memperlihatkan keluwesan, keramahan, dan fleksibilitas dalam
melayani pelanggan-pelanggannya
Posted in:
0 komentar:
Posting Komentar